Tips Belajar Fisika

Oleh: Rachmat A. Syukur

Kali ini kami akan coba memberikan Tips Belajar Fisika buat Anda, bagaimana caranya  Anda dapat mempelajari, mengerti dan memahami pelajaran fisika, baik di sekolah maupun di situs www.fisika-sma.us ? Walau ini bukan yang terbaik….., setidaknya Anda boleh mencoba resepnya, gimana?.. . kita lanjutkan yuk apa sich tips-tipsnya..

Tips Belajar Fisika Pertama: tumbuhkan “KEPERCAYAAN”. Logikanya begini, bagaimana Anda akan berhasil belajar fisika jika Anda sendiri tidak percaya pada ‘guru’ yang akan mengajarkan fisika kepada Anda. Kemudian  Anda sendiri merasa tidak yakin bahwa Anda dapat dengan mudah mempelajari dan memahami pelajaran fisika. ‘Guru’ yang dimaksudkan disini adalah ‘Guru Fisika Anda’ di sekolah jika Anda sedang belajar fisika di sekolah atau ‘Saya’ jika Anda sedang belajar fisika melalui situs www.fisika-sma.us atau ‘Teman Anda’ jika Anda belajarnya melalui teman atau guru-guru fisika yang lainnya. Selain daripada itu, Anda belajarnya setengah-setengah, Anda masih ragu dan tidak percaya pada diri Anda sendiri… alias gak PD… dan selalu bertanya pada diri sendiri: “bisa gak ya saya belajar fisika?” klo terus begini… kemungkinannya Anda tidak akan pernah berhasil dan selalu berfikiran bahwa FISIKA itu SUSAH!iya gak?… coba dech Anda renungkan!… oleh karena itu, tumbuhkanlah rasa percaya pada ‘Guru Fisika Anda’ dan pada ‘Anda Sendiri’ agar supaya Anda mampu belajar fisika… OK Coy!… siiip dech.

Tips Belajar Fisika Kedua, tumbuhkan “KESABARAN”. Jangan selalu terburu-buru ketika Anda sedang belajar fisika, karena setiap orang memiliki kecepatan, kemampuan dan daya serap yang berbeda-beda… setuju gak?… Ada orang yang baru sekali belajar ia langsung bisa mengerti… ada yang dua kali belajar baru ia bisa mengerti… ada yang tiga kali belajar baru ia bisa mengerti… bahkan tidak sedikit setelah belajar lebih dari tiga kali baru ia bisa mengerti… lalu apa artinya?…. Sebaiknya kenalilah diri Anda sendiri, Anda ini termasuk tipe yang mana jika dilihat dari kecepatan, kemampuan dan daya serap yang Anda miliki. Oleh karena itu, kesabaran adalah mindset bagi Anda agar dapat berhasil. Ada pepatah dari kami yang selalu kami katakan kepada siswa-siswa kami di kelas: “Banyak Belajar Banyak Lupa… Sedikit Belajar Sedikit Lupa… Tidak Belajar Berarti Anda Sudah Bisa…” setuju dengan pepatah ini? Coba dech Anda pahami dan renungkan… kemudian amalkan !…

Tips Belajar Fisika Ketiga, tumbuhkan “TANGGUNG JAWAB”. Apakah Anda termasuk orang bertanggung jawab? Saya sangat percaya Anda termasuk orang yang bertanggung jawab. Buktinya Anda masih tetap setia membaca artikel Tips Belajar Fisika di www.fisika-sma.us … Tanggung jawab disini maksudnya adalah, jika Anda sudah niatkan belajar fisika… maka Anda bertanggung jawab terhadap target pencapaian yang harus Anda raih. Bisa jadi, dengan target pencapaian itu Anda akan termotivasi untuk terus belajar… belajar… dan belajar. Coba deh Anda renungkan lagi… belajar fisika tanpa target pencapaian akan berdampak pada tidak adanya motivasi diri untuk belajar… alias belajarnya tidak fokus… setengah-setengah… hmm… Klo begitu apa dong target pencapaian yang mesti diraih? Target pencapaian disini antara lain adalah: dapat memahami fenomena fisika yang terjadi, dapat mengetahui cara bekerjanya suatu sistem melalui hukum-hukum fisika, dapat menggunakan hukum-hukum fisika secara benar dan pada akhirnya nanti Anda akan dapat dengan mudah menyelesaikan soal-soal fisika secara benar.

Tips belajar fisika keempat, gunakanlah “STRATEGI”.Fisika bukanlah suatu makhluk yang menakutkan… apalagi menyeramkan… bukan ya… dan jangan katakan itu pada Fisika… Saya percaya Anda sudah membaca postingan sebelumnya di www.fisika-sma.us tentang Fisika, Fisika dan Sains serta Fisika dan Matematika. Klo memang masih ada yang belum membacanya, silahkan dech untuk membacanya terlebih dahulu… waduh!… Opss…tapi  jangan salah kawan…, maksudnya biar ilmu fisika Anda jadi lebih muannntap. OK Coy….

Nah… untuk mengetahui bagaimana strategi belajar fisika, mulailah belajar fisika dalam pengertian yang sesungguhnya dengan langkah- langkah strategi sebagai berikut:

  1. Anda harus pahami konsep fisika atau hukum fisika berdasarkan fenomena alamnya, bukan dengan rumus-rumusnya.
  2. Anda harus kuasai bahasa pengantar fisika yaitu matematika.
  3. Anda dapat melakukan analisa soal fisika melalui jalan ceritanya, bukan dengan angka-angkanya.
  4. Gunakanlah selalu logika berfikir Anda agar Anda dapat mengetahui arti fisis dari hasil perhitungan yang telah Anda lakukan melalui penggunaan rumus fisika yang sesuai.

Sumber: www.fisika-sma.us

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: