Besaran Pokok dan Besaran Turunan

BESARAN POKOK


Tujuh Besaran Pokok

Besaran pokok, yaitu besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Besaran pokok terdiri dari tujuh besaran, yaitu:

No

Besaran Satuan

Nama

Lambang Nama

Lambang

1

Panjang l meter

m

2

Waktu t sekon s

3

Intensitas Cahaya kandela cd

4

Suhu T kelvin

K

5 Kuat Arus Listrik I ampere

A

6 Massa m kilogram

kg

7 Jumlah Zat mol

mol

Tips untuk menghapal ketujuh besaran pokok ini adalah dengan menggabungkan huruf-huruf depannya saja dan diurutkan menjadi kalimat “PaWI SuKA MaJu”.
Pada kelas 7 hanya membahas besaran panjang, massa, waktu, dan suhu. Besaran-besaran pokok yang lain dibahas pada kelas 8 dan 9.


Panjang

Dalam SI (Sistem Internasional), satuan panjang dinyatakan dalam meter (m). Beberapa kali dilakukan perubahan dalam menentukan standar satu meter. Saat ini, satu meter standar sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa udara (vakum) selama 1/229 792 458 sekon. Alat untuk mengukur panjang misalnya mistar (penggaris), meteran, jangka sorong, mikrometer sekrup, dsb.

Selain meter, dalam kehidupan sehari-hari dikenal satuan-satuan panjang yang lain, seperti kilometer, inci, sentimeter, dan milimeter. Hubungan antara satuan-satuan tersebut adalah sebagai berikut.
1 km = 1000 m
1 m = 100 cm
1 cm = 10 mm
1 inci = 2,54 cm


Massa

Dalam SI (Sistem Internasional), satuan massa dinyatakan dalam kilogram (kg). Beberapa kali dilakukan perubahan dalam menentukan standar satu kilogram. Saat ini, satu kilogram standar sama dengan massa satu liter air murni pada suhu 4oC. Alat untuk mengukur massa misalnya neraca pegas, neraca Ohauss, dsb.

Dalam kehidupan sehari-hari, massa dikenal sebagai “berat benda”. Namun secara fisika hal itu kurang tepat karena massa berbeda dengan berat. Dalam SI, massa memiliki satuan kilogram, sedangkan berat memiliki satuan newton. Massa sebuah benda menyatakan jumlah zat atau materi yang terkandung dalam benda, sedangkan berat benda merupakan gaya tarik Bumi yang dialami benda tersebut. Sebuah benda di tempat manapun massanya selalu tetap, sedangkan nilai berat benda bergantung pada gaya gravitasi Bumi. Oleh karena itu, kita harus dapat membedakan antara pengertian berat dan massa sebuah benda.

Selain kilogram, dalam kehidupan sehari-hari dikenal satuan-satuan massa yang lain, seperti ton, kuintal, ons, gram, dan miligram. Hubungan antara satuan-satuan tersebut adalah sebagai berikut.
1 ton = 10 kuintal
1 kuintal = 100 kg
1 kg = 1000 g
1 ons = 100 g
1 g = 1000 mg


Waktu

Dalam SI (Sistem Internasional), satuan waktu dinyatakan dalam sekon (s) atau dikenal dengan detik. Beberapa kali dilakukan perubahan dalam menentukan standar satu sekon. Saat ini, satu sekon standar sama dengan waktu yang diperlukan oleh atom sesium-133 untuk bergetar sebanyak 9 192 631 770 kali dalam transisi antara dua tingkat energi. Alat untuk mengukur waktu misalnya arloji, stopwatch, dsb.

Selain sekon, dalam kehidupan sehari-hari dikenal satuan-satuan waktu yang lain, seperti menit, jam, hari, minggu, dan tahun. Hubungan antara satuan-satuan tersebut adalah sebagai berikut.
1 menit = 60 sekon
1 jam = 60 menit
1 hari = 24 jam
1 minggu = 7 hari
1 tahun = 365 hari (tepatnya 365¼ hari)


Suhu

Dalam SI (Sistem Internasional), satuan suhu dinyatakan dalam Kelvin (K). Pada suhu kamar dan tekanan 1 atmosfer, es mencair pada suhu 273 K, sedangkan air mendidih pada suhu 373 K. Alat untuk mengukur suhu misalnya termometer.

Selain Kelvin, dalam kehidupan sehari-hari dikenal satuan-satuan suhu yang lain, seperti Celsius, Reamur, dan Fahrenheit (pada bab ini hanya membahas satuan Kelvin dan Celsius). Penulisan satuan Kelvin berbeda dengan satuan suhu yang lain. Pada satuan Kelvin ditulis tanpa derajat (o). Hubungan antara satuan Kelvin dan Celsius adalah sebagai berikut.

toC = (t+273) K
  K= (t-273)oC

Contoh Soal:
65oC = . . . K
Penyelesaian:
toC = (t+273) K
65oC = (65+273) K
65oC = 338 K 


BESARAN TURUNAN


Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok. Salah satu contoh besaran turunan adalah luas. Besaran luas diturunkan dari besaran panjang. Selain luas, ada banyak contoh lain besaran turunan.

No

Besaran

Satuan

Nama

Lambang Nama

Lambang

1

Luas

L

m2

m2

2

Volume

V

m3

m3

3

Kecepatan

v

m/s

m/s

4

Percepatan

a

m/s2

m/s2

5

Gaya

F

newton

N

6

Energi

E

joule

J

7

Daya

P

watt

W

Selain di atas, masih buanyaak banget contoh besaran turunan yang lain. Adik-adik bisa menambahkan di kolom komentar di bawah artikel ini ya…

Ingat ya.. adik-adik sudah harus memperhatikan kaidah penulisan lambang satuan dengan benar, perhatikan penggunaan huruf kapitalnya.


 

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: